Sifat Hasad


06 April 2024


BIRO UMROH SEMARANG – Selama ini kita berfokus terhadap penyakit fisik yaitu seperti demam, pilek, batuk, nyeri atau pusing. Tentu memang hal tersebut adalah lumrah, karena menyakit fisik cukup mengganggu kita dalam beraktivitas, terutama dalam beribadah. Namun ada satu hal yang terlewat, yang luput dari perhatian kita bahwa sejatinya kita memiliki jiwa, memiliki sebuah hati. Jiwa atau hati ini apabila tidak di jaga, tidak di pelihara dengan hal baik maka akan menimbulkan sebuah penyakit. Tentu bukan penyakit secara fisik atau secara medis, namun jika di biarkan terus menerus sejatinya penyakit jiwa atau hati ini akan mempengaruhi fisik kita, dan hal tersebut sudah banyak terbukti secara psikologi & medis.

Salah satu penyakit hati adalah hasad atau benci pada nikmat orang lain dari diri sendiri

Pengertian hasad sebagaimana dikatakan oleh Ibnu Taimiyah rahimahullah,

الْحَسَدَ هُوَ الْبُغْضُ وَالْكَرَاهَةُ لِمَا يَرَاهُ مِنْ حُسْنِ حَالِ الْمَحْسُودِ

“Hasad adalah membenci dan tidak suka terhadap keadaan baik yang ada pada orang yang dihasad.” (Majmu’ah Al-Fatawa, 10:111).

Hasad adalah sifat jelek karena kebencian yang ada disebabkan oleh kurang berimannya kita kepada takdir Allah dan tidak setuju pada pembagian karunia Allah. Ada juga sebabnya karena cinta dunia, takut disaingi, takut diejek oleh orang lain, dan lemahnya iman.

umroh semarang

biro umroh semarang

paket umroh semarang

Di antara dampak jelek dari hasad adalah:

  • Orang yang hasad berarti menentang takdir Allah.
  • Orang yang hasad tidak disukai manusia.
  • Orang yang hasad itu memecah bela kaum muslimin.
  • Kebaikan orang yang hasad akan hilang.
  • Orang yang hasad akan terus berada dalam keadaan sedih karena tidak memiliki rasa syukur.
  • Orang yang hasad itu sebenarnya menginginkan sendiri pada dirinya bencana.
  • Orang yang hasad menyebabkan turunnya musibah karena setiap musibah itu disebabkan karena dosa.
  • Orang yang hasad memiliki sifat seperti setan.

Syaikh Musthafa Al-‘Adawi hafizhahullah berkata, “Ketahuilah bahwa orang yang didengki (dihasadi) akan mendapatkan kebaikan dari orang yang hasad. Kebaikan dari orang yang hasad akan diambil dan akan diberi pada orang yang dihasadi. Apalagi sampai ada ghibah dan menjelekkan.” (Fiqh Al-Hasad, hlm. 47)

umroh semarang

biro umroh semarang

paket umroh semarang

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda,

مَنْ كَانَتْ عِنْدَهُ مَظْلِمَةٌ لِأَخِيهِ فَلْيَتَحَلَّلْهُ مِنْهَا, فَإِنَّهُ لَيْسَ ثَمَّ دِينَارٌ وَلَا دِرْهَمٌ مِنْ قَبْلِ أَنْ يُؤْخَذَ لِأَخِيهِ مِنْ حَسَنَاتِهِ, فَإِنْ لَمْ يَكُنْ لَهُ حَسَنَاتٌ أُخِذَ مِنْ سَيِّئَاتِ أَخِيهِ فَطُرِحَتْ عَلَيْهِ

“Barangsiapa yang berbuat zalim pada saudaranya, maka hendaknya dia meminta kehalalan padanya, karena kelak di akhirat tiada lagi dinar maupun dirham sebelum kebaikannya diambil untuk saudaranya (yang dia zalimi). Bila tidak memiliki kebaikan maka kejelekan saudaranya (yang dia zalimi) akan diberikan padanya.” (HR. Bukhari, no. 6534)

Dengan selalu bersyukur pada sebuah nikmat yang telah Allah berikan maka bisa menjadi penangkal dari sifat hasad.

Kemudian dengan memperbanyak mendoakan kebaikan pada orang yang mendapatkan nikmat karena jika mendoakannya, kita akan dapat yang semisalnya.

Dari Ummu Darda’ radhiyallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda,

دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ لأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ كُلَّمَا دَعَا لأَخِيهِ بِخَيْرٍ قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ آمِينَ وَلَكَ بِمِثْلٍ

“Doa seorang muslim kepada saudaranya ketika saudaranya tidak mengetahuinya adalah doa yang mustajab (terkabulkan). Di sisinya ada malaikat (yang bertugas mengaminkan doanya kepada saudarany). Ketika dia berdoa kebaikan kepada saudaranya, malaikat tersebut berkata: Aamiin, engkau akan mendapatkan yang semisal dengannya.” (HR. Muslim, no. 2733)

umroh semarang

biro umroh semarang

paket umroh semarang

Dan ingat bahwa jika kita mengalami penyakit fisik lalu kita bersabar karena Allah serta ikhtiar berobat maka akan ada pahala dari situ selama sesuai dengan ketentuan syariat, namun jika kita mengalami penyakit hati seperti hasad, munafik maka itu hanya merusak amalan-amalan seorang hamba yang telah lalu. Semoga Allah Azza Wa Jalla senantiasa menjaga kita semua dari berbagai penyakit hati atau jiwa, amin ya Rabbal alamin

Home
WA Semarang
WA Kudus
Paket

Jasa Pembuatan Website